Terbaru

6/recent/ticker-posts

Cara mendaftar di Jurnal OJS PKP

 Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara untuk mendaftar atau register di website Open Journal System (OJS) dari Public Knowledge Project (PKP). Pada tutorial kali ini, kita akan menggunakan OJS versi 3.0, tapi sepertinya semua versi OJS memiliki fitur yang sama dan hampir mirip saja.

Mendaftarkan user di website OJS bisa dilakukan dengan dua cara yaitu:

  1. Mendaftar sendiri melalui menu register, dan
  2. Menambahkan user melalui menu add user di panel admin.

1. Cara mendaftar sebagai penulis di website OJS

Cara yang perlu dilakukan cukup sederhana dan hampir sama dengan mendaftar akun pada umumnya. Pertama-tama, kita perlu mengunjungi website tempat mendaftarkan akun. Jika sudah, maka selanjutnya hanya perlu mencari menu navigasi untuk mendaftar atau register. Biasanya berada di sudut kanan atas seperti pada gambar berikut:


Pilih Daftar atau Register kemudian akan muncul form pendaftaran. Isi semua data yang diperlukan, mulai dari nama, alamat e-mail, afiliasi, negara, hingga kata sandi.



Jika muncul menu pilihan jurnal, silahkan pilih aau ceklis jurnal-jurnal yang ingin diikuti sebagai penulis atau peran lainnya. Lihat gambar berikut:


Setelah mengisi semua data yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah dengan meng-klik tombol daftar atau register. Jika pendaftaran berhasil, maka akan muncul pemberitahuan bahwa register berhasil dan akun sudah bisa digunakan.


2. Mendaftarkan user melalui panel admin

Jurnal manager dan jurnal editor bisa menambahkan user melalui panel admin. Setelah berada didalam panel admin jurnal, pilih tab User and Roles (Pengguna dan Peran), kemudian pilih menu add user (tambah pengguna).


Kemudian akan muncul form pengisian data. Silahkan isi form tersebut dengan data-data yang dibutuhkan seperti nama pengguna, email, afiliasi, username, hingga password. Setelah semua data yang diperlukan telah diisi, selanjutnya klik ok dan akan muncul ceklis peran (role) dari pengguna yang baru saja didaftarkan. Silahkan pilih peran yang diinginkan, bisa penulis, penelaah, penyunting, dan sebagainya. Jika sudah dipilih, jangan lupa menyimpan datanya dengan klik ok.


Itulah dua cara yang umum dilakukan untuk mendaftarkan user di website OJS. Jika masih ada yang belum dimengerti, jangan segan-segan untuk bertanya di kolom komentar ya!

Baca juga:

  • Cara mendaftarkan naskah (submit article)
  • Cara memasukkan kode di custom block manager




  • Post a Comment

    0 Comments