Terbaru

6/recent/ticker-posts

Cara update data dosen di SINTA agar terkoneksi ke Garuda, Web of Science, dan Scopus

Science and Technology Index atau lebih kita kenal sebagai SINTA, merupakan salah satu mesin pengindeks yang sangat membantu dosen dalam menunjang tridharmanya. Fungsi utama dari SINTA ini yaitu untuk mendata semua publikasi milik dosen termasuk jumlah sitasinya. Hal ini kemudian akan berdampak pada penilaian atau scoring dari dosen dan afiliasinya yang ditunjukkan dalam peringkat-peringkat, misalnya peringkat dosen dalam afiliasi, peringkat nasional dosen dan Afiliasi dosen di tingkat Nasional.

Setiap dosen dapat membuat sendiri akun SINTA melalui halaman sinta.kemdikbud.go.id yang kemudian akan diverifikasi oleh tim SINTA perguruan tinggi agar akun dapat aktif. 

SINTA akan terkoneksi dengan PDDIKTI dan SISTER, jadi data pada aplikasi SINTA ini cukup penting untuk digunakan dan di-update secara berkala oleh para dosen.

Pada artikel kali ini, kita akan melihat cara yang dapat dilakukan untuk meng-update data publikasi dosen di aplikasi SINTA. Data dosen pada laman SINTA bisa diupdate sendiri oleh dosen bersangkutan, dan dapat juga diupdate oleh admin/verifikator SINTA. Berikut ini cara-cara yang dapat dilakukan:

Mengupdate data melalui akun dosen

  1. Pertama-tama, tentu saja anda harus masuk menggunakan akun dosen. Silahkan kunjungi laman sinta.kemdikbud.go.id dan login menggunakan user dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.


  2. Setelah masuk ke laman dashboard, silahkan klik bagian kanan atas dan pilih update profile.


  3. Pada halaman edit profil, silahkan isi semua data yang masih kosong atau ingin diganti. Selain itu, anda juga bisa men-sinkronisasikan data dosen melalui tombol Sync PDDIKTI. Perhatikan juga bahwa tidak semua data bisa diupdate, karena beberapa data pokok bersumber dari PDDIKTI anda.


  4. Jangan lupa untuk mengisi Scopus ID, Wos ID, dan Garuda ID, karena akan sangat berpengaruh pada indeksasi dan peringkat anda pada afiliasi dan peringkat nasional. Jika belum memiliki ketiga ID tersebut, silahkan abaikan saja tahap ini.

  5. Selanjutnya, pada bagian kiri, pilih menu My SINTA dan pastikan seluruh publikasi anda yang terdaftar di Scopus, WoS, Garuda, Scholar, dll. sudah terdaftar di akun SINTA anda. Jika belum, silahkan klik tombol req. Synchronization dan dalam beberapa saat dokumen anda seharusnya sudah masuk ke akun SINTA.


  6. Silahkan periksa data anda secara berkala di akun SINTA anda untuk memastikan dokumen anda sudah terindeks di SINTA.


Mengupdate data melalui akun verifikator

  1. Jika anda adalah seorang admin atau verifikator SINTA, maka silahkan login melalui laman sinta.kemdikbud.go.id/authorverification menggunakan user dan password yang telah didaftarkan.


  2. Setelah masuk ke laman dashboard, selanjutnya klik menu All Authors dan pilih nama dosen yang akan di-update datanya.


  3. Pada halaman data dosen, pilih profile dan kemudian silahkan update data yang diperlukan seperti email, password, ID Scopus, Garuda, dll. Data dapat juga di sinkronisasikan ke PDDIKTI melalui tombol Sync PDDIKTI. Setelah semua data diinputkan, jangan lupa untuk meng-klik update data di bagian bawah.


  4. Akun verifikator juga dapat melakukan sinkronisasi data publikasi dosen pada menu dashboard dengan meng-klik tombol sync sesuai dengan dokumen mana yang ingin di-sinkronisasi.

__________________

Sekian sedikit tutorial update data di SINTA melalui akun dosen dan akun verifikator. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments